Macam-macam Amylum dan mikroskopik

Sabtu, 11 Desember 2010

Macam-macam Amylum dan Mikroskopik

1.Amylum manihot
Nama latin : Manihot utillissima Pohl
Mikroskopik
        Butir tunggal atau bergelombolan.Butir tunggal berbentuk lonjong atau topi baja dengan ukuran antar 5-25um.Hilus terletak di tengah dengan jelas seperti titik atau kadang-kadang segitiga.Lamela ada tapi kurang jelas.

2.Amylum solani
 Nama latin : Solanum tuberosum L.
 Mikroskopik  
        Butiran berbentuk bulat telur atau tidak beraturan dengan ukuran bervariasi antara 30-100 um.Hilus terdapat  sebagai titik pada bagian yang sempit.Lamela terletak eksentri,terlihat jelas.

3.Amylum tritici
 Nama latin : Triticum vurgare L.
 Mikroskopik
        Butir tunggla besar,dilindungi oleh butiran kecil .Bentuk serupa lensa bundar atau jorong,kadang-kadang berbentuk ginjal. Hilus terletak ditengah tidak jelas, Berupa titik atau celah.Lamela tidak jelas.

4.Amylum maidis
 Nama latin : Zea mays L.
 Mikroskopik
      sebagian besar berupa butiran poligonal dengan sudut membulat atay butiran hampir bulat ,garis tengah     sampai lebih kurang 35 um ,hilus ditengah berupa titik atau bintang.

5.Amylum oryzae
Nama latin : Oryza sativa  L.
Mikroskopik
       Butiran kecil dengan  ukuran 3-12 um, berbentuk poligonal bersudut tajam.Umumnya terdapat dalam    butiran majemuk yang berukuran 2-100  butir.Hilus hanya tampak pada granul yang besar dan tredapat di tengah.Lamela tidak jelas,  

2 komentar:

  1. kandungannya amilosa dan amilopektin. kegunaan nya seagai bahan penolong untuk sediaan obat

    BalasHapus